Ras Asia Paling Cepat Berkembang di Amerika Serikat

Selasa, 10 April 2012

Asia adalah kelompok ras yang paling cepat berkembang di Amerika Serikat.

Hasil sensus biro kependudukan Amerika Serikat memperlihatkan terjadi peningkatan imigran dari seluruh kawasan dalam satu dekade terakhir.

Imigran dari Asia meningkat 43,3 persen dibanding dekade lalu.

Persentase ini empat kali lebih cepat dibanding pertumbuhan populasi Amerika Serikat secara keseluruhan, yang tumbuh 9,7 persen dibanding periode sebelumnya.

Jumlah penduduk Amerika Serikat tercatat 308.745.528 jiwa.

Sebanyak 14,7 juta orang atau sekitar 4,8 persen dari populasi, adalah orang Asia. Sekitar 2,6 juta jiwa atau 0,9 persen adalah kombinasi Asia dengan ras lainnya, yang umumnya berkulit putih.

"Migrasi internasional adalah komponen terbesar dalam perubahan populasi Asia," kata Elizabeth Hoeffel, ahli statistik dari biro sensus penduduk.

Untuk keperluan statistik, Amerika Serikat mendefinisikan sebagai seseorang yang memiliki asal keturunan dari Timur Jauh, Asia Tenggara dan India.

Mereka yang teridentifikasi sebagai Asia atau campuran Asia dengan ras lain, tumbuh 30 persen di semua negara bagian kecuali Hawai, tempat di mana mereka menjadi populasi mayoritas.

Negara yang paling cepat pertumbuhan ras Asia adalah Nevada, 116 persen, Arizona (95), dan North Carolina (85).

New York mempunyai populasi Asia terbesar dengan 1,1 juta penduduk, diikuti Los Angeles, 484 ribu, San Jose California 327 ribu.

Keturunan Chian adalah populasi terbesar dari kelompok Asia dengan jumlah total mencapai empat juta jiwa. Termasuk 700 ribu yang berasal dari ras campuran.

Diikuti Filipina (3,4 juta) dan Indian (3,2 juta) Share

0 comments:

Poskan Komentar

>